Suara Terbanyak

14 Januari 2009 § Tinggalkan komentar

Kondisi berubahnya aturan yang tidak dipersiapkan secara matang sebelum aturan itu dilaksanakan menandakan bahwa aturan itu tidak dipersiapkan dan diputuskan secara baik. Suara terbanyak emang bagus untuk memilih calon-calon wakil rakyat. Mengapa diputuskan setelah berjalan dan sudah dalam waktu dekat menjelang hari H pemilihan.

Dampak negatif yang muncul money politic akan tetap berjalan dengan subur karena kondisi yang sedang ada di masyarakat kita dan mungkin caleg berduit akan lebih gampang memperoleh suara. Semua ini karena kondisi yang sudah terlanjur demikinan yang terjadi, sehingga kepercayaan masyarakat menjadi hilang terhadap politik dan parpol. Kondisi seperti ini membawa pengaruh besar dan keuntungan bagi caleg-caleg yang berduit. Sebenarnya caleg yang bersih dan wajah baru dari kalangan rakyat yang menjadi korban parpol dan politikus busuk akan tetap kalah karena masyarakat yang masih percaya dan mendukung akan lebih sedikit dibandingkan mereka yang berfikiran praktis, yang penting dapat duit sesaat. Masalah dimasa depan akan dipikirkan nasibnya mereka rata-rata masa bodo. Untuk meyakinkan masyarakat seperti itu membutuhkan waktu dan rata-rata datangnya dari masyarakat yang berkatagori tanggung. Sementara pendidikan politik terhadap masyarakat belum bisa berjalan dan kecenderungan tidak dilakukan untuk mengambil jalan pintas untuk tetap membohongi masyarakat. Hal ini terjadi hampir diseluruh lapisan masyarakat. Saya berkeliling disebagian masyarakat rata-rata mereka akan memilih caleg yang memberi uang paling besar tanpa melihat itu siapa yang dipilih. “Yang penting mereka bayar dulu masalah nanti terserah mau diapakan. Apa ya akan dipikir nasib kita kalau tidak diberi dulu. Paling-paling juga manis didepan saja …… ” itulah sekelumit kata-kata yang terlontar di sebagian besar masyarakat kita.

Suara dapat dibeli dengan mudah oleh mereka yang berduit, walaupun ada permintaan pelaporan biaya keuangan dari setiap caleg. Apakah benar-benar akan diaudit secara nyata atau hanya digunakan sebagai tambahan saja. Sedang pelaporan keuangan akan sangat mungkin dilakukan secara tidak riil. Coba kita buktikan nanti. Saya juga dengar anggaran untuk KPU saja belum ada, aturan yang berlandasan hukum juga belum jelas mau apa yang akan kita laksanakan. Sosialisasi belum dilakukan sedangkan banyak membingungkan masyarakat yang punya hak milih. Tidak semua masyarakat bisa melakukan aturan yang diberlakukan. Suara tidak sah dan golput akan meningkat tajam, bila hal ini terjadi maka kegagalan PEMILU terjadi. Apakah ini yang diinginkan ???

Semoga kejelasan segera terjadi dan dijalankan semestinya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Suara Terbanyak at Drs. SUDARTOYO.

meta

%d blogger menyukai ini: