Diriku

Namaku : Sudartoyo dipanggil masdaar kadang om yoyok, pakyo’ ato pakdar. Aku dilahirkan didaerah lereng gunung Muria Jawa Tengah tepatnya di Kudus dari keluarga sederhana seorang guru desa yg nyambi tani setiap harinya, 6 bersaudara dan aku anak nomer 1. Sudah sejak masuk smp aku tinggalkan rumah karena di desaku tidak ada smp ato sma. Aku masuk di SMP N 3 Kudus dan SMA N 3 Kudus. Waktu masuk aku diterima di SMA Negeri 1 Kudus tapi mulai kelas 2 aku dipindahkan ke SMA N 3 bersama dg teman2 5 kelas. Sejak aku lulus SMA aku mencoba pergi ke kota yg bisa aku jangkau dan ada perguruan tinggi yang aku mampu masuk dan bayar biaya pendidikan. Maklumlah nggak ada uang untuk kuliah. Akhirnya aku bisa masuk di sebuah PTS di Yogyakarta IKIP PGRI YOGYAKARTA, (sekarang jadi UPY : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA) dan biayanyapun aku bisa menjangkau. Aku masuk FPIPS Jurusan Pendidikan Sejarah. Kebanggaan tersendiri aku bisa kuliah walaupun tidak di PT yang favorit krn keterbatasan otak dan uang.

Apa sebenarnya yg aku inginkan memaksakan diri untuk kuliah adalah ingin mendongkrak pola hidup masyarakat di desaku, yg berpendidikan hanya rata-rata sampai sd bahkan sering tidak tamat. Aku berharap masyakarat desaku mau mengikuti jejakku, maka aku harus bisa dan berhasil tamat di PT. Nah itulah keinginanku saat itu, walaupun hanya berbekal otak pas-pasan dan se sen uang yg tak bakalan cukup untuk kuliah di PTS favorit, karena di PTN aku dah minder dengan prestasiku.

Alhamdulillah aku lulus walaupun harus terseok-seok dengan 5 tahun kuliah. 11 Januari saat itu aku diwisuda, dan ternyata aku juga orang yg pertama kali menyandang gelar Sarjana S1 di desaku karena sewaktu aku pulang di monografi seperti itu. Semenjak itu anggapan masyarakat pendidikan akan lebih penting daripada menikahkan anak diusia yg masih sangat belia. Umur belasan tahun mereka sudah menggendong anak, kadang ngurus dirinya aja belum bisa sudah ngurus anaknya.

Aku ingin pulang kampung saat itu, ingin membangun desaku dengan bekal ilmu dan pengetahuan serta pengalamanku sewaktu kuliah. Tapi kenyataan tidak begitu, karena aku masih tidak diperbolehkan melepas Almamaterku dengan diberi SK untuk membantu di jurusan Pendidikan Sejarah. Aku sama sekali tidak tahu darimana dan siapa yg merekomendasikan aku jadi pegawai saat itu. Semenjak aku di Jurusan Sejarah aku suka sekali belajar dan membaca Sejarah Indonesia.

Aku sekarang domisili di kota Gudeg/Pelajar atau Yogyakarta. Masyarakat desaku sekarang sudah menjamur sarjana-sarjana baru seperti jamur yg tumbuh di musim hujan. Aku bersyukur jejaku ada yg mengikuti.

Aku suka ditempat-tempat bersejarah, yang selama ini kukunjungi dan terus akan kuperbanyak datang berkunjung. Aku juga mulai senang dengan menulis dengan pengalaman tersebut. Ini mungkin akan menjadi selfpride bagiku, dan akupun telah menemukan pepatah yang disampaikan John Selly kalau nggak keliru We Study History, that we my be wise, before the event. Cobalah dengan pengalaman kita,maka kita akan lebih bijaksana untuk melangkah kedepan, sehingga akupun berslogan dengan pengalamanku di masa lalu:

“mari kita membangun mulai dari diri sendiri untuk masa depan kita”

sekilas tentang diriku yaaaaaaaaa…………

Salam buat : Ma2H, MaS IaN dan diK aNGGiT aKu tetap dan selalu MeNYaYangi dan MeNCinTai kaliaN SeMua ………………

§ 14 Responses to Diriku

  • MISSRULL mengatakan:

    Wow….ternyata njenengan pak Dosen nggih? Juga pejuang Partai Gerindra.Saya ucapkan selamat berjuang ya Pak.Semoga perjuangan Anda mendapat ridlo Allh SWT.

    makasih banget ya telah mau mampir di rumahku dan doanya

  • valdy oktafianza mengatakan:

    Assalamualaikum Pak Yoyok,

    Perkenalkan saya Valdy Oktafianza, saat ini menetap di Batam. Saat ini saya sedang berusaha menggalang Simpatisan GERINDRA di Prov. Kepulauan Riau (KEPRI) untuk mendirikan Barisan Garuda Muda di sini. Semoga dengan ini kami di KEPRI bisa berkontribusi aktif mewujudkan Indonesia yang Mandiri dan Sejahtera.

  • stevanus riski mengatakan:

    Terima kasih banyak Pak….

  • stevanus riski mengatakan:

    Pak alamat kantor GERINDRA Bandung di daerah mana?biar nanti saya ke kantor secepatnya Pak..Terima Kasih PakDar

    Nah kan dah ada tak posting di sinikan, Bandung ikutnya DPD Jabar dan Bandung DPCnya di Jl. Raya Laswi No. 95 Rt.01 Rw.07 Balendah Bandung 40375

  • stevanus riski mengatakan:

    salam kenal PakDar,saya seorang mahasiswa d PTN di bandung dan sekarang saya semester 5.apakah saya bisa menjadi kader dari GERNDRA?saya sangat mengagumi sosok bapak Prabowo Subianto….saya yakin Bapak Prabowo bisa membawa kami(Bangsa Indonesia)tidak hanya k gerbang pintu kemerdekaan,tapi juga masuk dan menjadikannya Bangsa yang kuat,mohon konfirmasinya.matur nuwun PakDar

    Bisa mas Riski (QMON) siapa aja boleh menjadi kader GERINDRA asal tidak Pegawai Negeri kita terbuka untuk semuanya orang Indonesia. Caranya juga gampang datang aja ke kantor Gerindra (PAC, DPC, DPD) yang ada ditempat tinggal anda. Salam Gerindra : INDONESIA RAYA, Indonesia : SEJAHTERA.

  • syofyan mengatakan:

    salut untuk anda. salam kenal juga pak, maaf baru berkunjung di sini, baru sempet. mari kita bangun indonesia dengan iman dan taqwa. semoga di kemudian hari negara kita jadi mercusuar dunia.

    met jumpa lagi ya mas sofyan : lihat pula > http://gerindra-forum.or.id

  • kevlannietzsche mengatakan:

    terus berjuang untuk rakyat,,,

    salam kenal pak,,,

    Mari bersama berjuang untuk rakyat kita

  • Daddy Rohanady mengatakan:

    Hallo, Mas

    Masih ingat saya?
    Sorry waktu kita pelatihan di Maharaja, saya pulang duluan. Ga tahunya kena tipes. Apes saya. Training buat DPC Gerindra Yogya sudah jalan?

    Salam
    Daddy – Jabar

  • agusampurno mengatakan:

    Salam kenal pak guru,
    Tulisan sejarahnya mencerahkan loh..

    Saya tautkan juga ya

    makasih juga mas agus yang penting kita bisa berjabat tangan kan lebih bagus
    tukar pengalaman dan bisa menambah pengetahuan OK,

  • sukristianto mengatakan:

    pak,terus terang saya tertarik untuk lebih mendalami tentang mengolah blog sendiri karena itu untuk masa depan juga.tadi sore sudah dijelaskan,tapi sekarang dah lupa je.pak,mo usul aja.Gimana kalo besok nilai ujiannya dimasukkan di sini?

    belajar dengan banyak membuka akan segera bisa kok, hanya masalah hasil study klo emang semuanya bisa menerima ok sajalah tak tampilin disini. Belajar ya sesering mungkin pasti bisa. thanks.

  • fira mengatakan:

    Assalamualaikum pak Yoyo salam kenal juga ini kunjungan balik…makasih dah main ke gubuk saya dan memberikan komentarnya. Oyah ternyata pak Yoyo ini seorang guru to… wah asik nih dapat kenalan guru lagi, yuk pak jalin silahturahmi bersama ya…Wassalam.

    Wa’alaikum slm, mbak Fika, makasih ya atas kunjungan baliknya, dan mari kita mulai berjabat tangan menjalin silahturahmi smoga bisa menambah sgalanya amin, wassalam.

  • atapsenja mengatakan:

    Salam Kenal ya. Mari kita membangun mulai dari kita. Setuju!!!

    makasih ya Hanna di atapsenja. kenalannya juga yuk kita berjabat tangan eratkan persahabatan untuk masa depan kita

  • sukristianto mengatakan:

    pak,mana materi tentang kolonialisasi?Koq belom ada?

    dah ada kok dibilang belum buka dong setiap waktu

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: